Pages

Saturday 8 October 2011

Permainan Tradisional Vs. Modern


Konnichiwa Minna-san ^^
today is sunday ! yiiipie ..
I have a long free time for this day =D
semua pekerjaan numpuk udah kelar, tinggal nyantai =D ! nyiahahaha !
daripada nganggur, saya ngeposting aja lah iseng-iseng =D

oia, sedikit flash back nih ke jaman dulu,
biasanya temen-temen kalo hari minggu gini, dulu waktu kecil ngapain aja sih ?
kalau saya, punya jadwal rutin, hehhe =D
biasanya dari jam 5 pagi uda nongkrong di Tv =D
udah punya jadwal nonton mingguan sampe jam 12,
soalnya seinget saya,dulu jaman saya SD film kartun itu bejibun di Tv gak kyk sekarang acaranya infotainment gossip atau acara musik orang dewasa yg isi lagunya gak jauh dari "cinta-cintaan" gak jelas -____-".
Saya jd kasian sama anak-anak kecil yg minim hiburan kyk sekarang,yaah jd gak salah mereka jg lah kalo nyanyian nya anak kecil jaman sekarang yg kalo kita denger jg jadi bengong dan garuk-garuk kepala serta geleng-geleng sambil istighfar -___-", pernah tuh kejadian, saya ketemu sekelompok anak kecil dengan riang gembira nyanyi-nyanyi, dari jauh enak nyanyian nya, akan tetapi saudara-saudara, setelah diteliti dari kejauhan dan kemudian saya memfokuskan pendengaran saya alhasil yg terdengar adalah "kawin...kawin... minggu depan  aku kawin, sya lalalala" -___-" ( *Aduuh, kecil-kecil kok udah minta kawin sih ?! ckckckck !)

Teruss temen-temen, kalau sekarang saya liat di sekeliling komplek rumah saya, jam segini (jam 12 siang) sepii bgt,anak kecilnya gak tau deh pada kmn, apa anak-anak kecilnya pada masih tidur atau main sendiri dirumah, atau mungkin lg ngapalin lirik lagu yg ditipi-tipi kali yaah ?! waaaah saya gak ngerti juga deh, soalnya kalau saya jaman SD dulu, sesudah kelar mengkhatamkan jadwal nonton Tv hari minggu, saya langsung mandi, jajan Es krim ke warung, trus ngumpul sama temen-temen di komplek buat main-main sampe bau asem+aroma matahari karena keringetan (#nyahahahaha =D). Kalau udah gitu baru deh pada pulang, gak sepi kyk sekarang..
Bedanya sama anak-anak di komplek saya sekarang (anak-anak jaman skrg yg jd tolak ukur saya) mereka mainnya sorean, tapi gak jauh-jauh cuma main Sepeda sama Bola aja (aah gak seru laah !)
Perasaan waktu saya dulu kecil mainannya banyaaaaaak dan bervariasi deh,
kyk misalnya nih ya : Cing benteng atau biasa dikenal dgn Bentengan, Petak Umpet, Kucing-Kucing an, Uler Naga, Donal Bebek,Lompat Karet, Pecah Piring, Cing Galaksin atau tepok nyamuk, jongkok kring, kasti, dan many more lah. kyknya jaman dulu lebih seru dari jaman sekarang, yg kalau diliat-liat mungkin karena pengaruh teknologi, jd anak-anak jaman sekarang doyan mainnya nafsi-nafsi dirumah (*apa gak sepi yaah?!).

Aduuuh saya jd pengen balik ke Jaman SD, main masak-masakan, bongkar pasang, barbie, congklak,dan teman-teman.oiya, saya jd pengen ingetin balik temen-temen nih sama mainan jaman dulu yg membutuhkan skill, kerja sama, strategi, ketangkasan, kelihaian dan semua yg menguji otak dan otot...
ini nih maksud saya :


1. Bentengan

Bentengan adl permainan kelompok yg membutuhkan kerjasama disetiap pemainnya, terdiri dari 2 kelompok yg saling menjaga benteng, setiap pemain nantinya menyerang benteng lawan hingga ada yg tertangkap dan ditawan di dalam penjara ( jaraknya 3 langkah dr benteng lawan) apabila salah satu teman kita tertangkap, maka kita harus menyelamatkannya supaya benteng kita tetap terjaga,karena apabila anggota kelompok kita tertawan semua, maka benteng kita jd "kosong" dan mudah ditempati lawan, disaat lawan telah menduduki benteng kita, maka permainan berakhir. Makanya utk permainan ini membutuhkan ketangkasan, adu strategi dan kecepatan dlm berlari (*biar gak ketangkep lawan) =)



2. Petak Umpet

Nah kalo yg ini pasti uda pada tau, kyknya gak nge-TOP di Indonesia aja, tp di luar negeri sana jg =) biasanya disebut Hide and Seek, kalau yg ini mesti byk akal nih maennya, karena kita mesti pinter-pinter cari tempat sembunyi yg gak nyangka ditebak sama yg jaga =D *hehehe, trus mesti pinter lari jg nih, yg kenceng, kalau ketauan, cepet sampe ke tiang jaga buat "Pong" biar gak kena jaga =D kalau main petak umpet serunya kalo rame-rame jadi itung nya panjang ditambah lama kelar karena anggotanya banyak, hehehe =D (*tapi kasian yg jaganya jg sih =P)






3. Galaksin/ Galasin

Kalau yg ini namanya Galasin, ada jg yg kenal dgn nama "Tepok nyamuk" cara mainnya simple tapi butuh ketangkasan, jarena kita harus melewati garis pertahanan lawan yg setiap garis ada penjaganya, bener-bener seru dan perlu taktik, kita jg dituntut buat lihai dan gesit, kalau gak penjaga gampang "nepok" kita dan 1 grup gantian jaga. Biasanya permainan ini dimainin sama 5-7 orang dengan membuat kotak yg telah di bagi-bagi area nya menjadi 6 bagian, yg berhasil lolos sampai ujung garis itulah yg menang. waaah seru lah pokok nya =D




4. Uler Naga

 "Ular naga panjangnya bukan kepalang.. menjalar jalar selalu kian kemari..."

 Permainan yg ini udah santer lah dikalangan anak-anak =D semua pasti tau, cara maennya jg gampang gak pake taktik kyk permainan-permainan sebelumnya yg udah saya sebutin td, yg perlu cuma anggotanya aja yg Rame biar capek yg jaga gerbang angkat tangan *Hehehehe, tapi makin rame makin seru, cara mainnya, setiap pemain bebaris memanjang sambil pegang bahu temen di depannya, terus melingkar melintasi gerbang sambil nyanyi ular naga, begitu nyanyiannya berhenti, itulah pemain yg ditangkap yg melewati gerbang, setelah ditangkep, pemain yg ditangkep itu berhak milih salah satu "induk"nya (*yg jaga gerbang) setelah si "Induk" udah punya anak masing-masing, keduanya nanti saling ngambil anak di belakang "Induk" (*nanti nya si "anak" bertahan dgn cara membentuk jajaran di belakang induk dgn memegang pinggang si induk) lalu si Induk menjaganya dgn cara merentangkan tangan, kalau Induk lawan berhasil memegang salah satu anak yg ada di blkg Induk Lawannya, maka anak tsb harus jd induk yg "megang" td, begitu seterusnya sampai salah satu induk kehabisan anak, dan permainan nya berakhir.
Nah serunya permainan ini adl disaat anak-anak "ngekor"in induknya masing-masing, Hehehe =D



Kalau di bandingkan dengan permainan Modern jaman sekarang seperti,
PS,PSP, Game Online, dll
 hanya memerlukan ketangkasan untuk sendiri aja, paling banyak anggota pemainnya jg cuma berdua
berbeda dengan Permainan Tradisional yg membutuhkan kerjasama dan kekompakan, sehingga dari sini mudah tumbuh rasa sosial terhadap anak-anak yg secara tdk langsung anak-anak mulai belajar tentang rasa saling tolong menolong, membantu dan Care terhadap temen nya,
jd gak heran kalau kita lihat anak jaman sekarang yg kurang peduli sama sesama, jg sibuk dgn dunia nya sendiri, palingan punya temen sebatas sekolah saja,
kalau kedepannya terus begini kan kasihan anak-anak nantinya jd minim pergaulan dan Cuek terhadap lingkungan,
maka dari itu saya selalu berpikiran bahwa "setiap teknologi itu memang selalu mempermudah kita tanpa kita sadari disamping itu sebuah teknologi membuat kita jauh dari setiap orang"
kalau temen-temen berpendapat saya salah besar dan ada yg ngebantah begini :
"Lho, Justru kita semakin dekat dgn semua org melalui teknologi"
kalau menurut saya justru itu adl sebuah pemikiran yg terlalu sederhana, 
KENAPA ?!
coba deh temen-temen berpikir sejenak, kalau dulu tanpa sms, kalau kita kangen sama temen atau saudara kita, kita mau gak mau pergi kerumahnya menjumpai nya,
memang benar kalau dgn adanya teknologi seperti skrg,
kita tinggal SMS atau telepon dan masalah kangen-kangenan nya selesai sampai disitu,
tanpa harus mengeluarkan biaya besar seperti ongkos kerumah tujuan,
tp bukan itu masalahnya,
kesan yg ditinggal kan seseorang disaat kita menjumpainya, membuat ia merasa dihargai dan diharapkan sehingga kesan Care kita berbekas sama dia,
dan disini lah sisi sosial kita berperan.
Makanya kalau jaman dahulu di pedesaan atau dikampung-kampung kehidupan sosialitasnya masih sangat kental, justru disaat seperti itulah dmn kita lebih dipermudah dgn adanya bantuan orang lain.



Temen-temen saya rasa sekian dulu nih postingan saya tentang opini dan Flashback"an masa lalu =)
semoga bermanfaat dan bisa bikin temen-temen ketawa-ketawa sendiri dgn mengingat masa-masa kecil dulu =) *hehehe.
Sekian, Wassalam =)


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...