Pages

Tuesday 11 December 2012

ANIME : Anime TEROMANTIS !!




Jujur saya bilang, film Cinta-Cintaan memang bukan tipikal film kesukaan saya. Setiap kali saya sharing Film sama temen, saya selalu "Say No" untuk masalah film percintaan, tapi beda sama yang ini, yang bikin saya suka bukan hanya ceritanya, tetapii karena ini ANIME ! iyaaa... ANIME ! Terkadang memang anime itu rada lebay untuk ciptain sebuah karakter dan cerita tentang cinta-cintaan, tapi kali ini, lagi-lagi, saya malah "Say No" untuk nolak nonton anime ini. 


Memangnya anime apaan sih ???




*******






Kedua anime diatas adalah TER-FAVORIT bagi saya !
alasan utamanya adalah, tema anime ini mengangkat kisah tentang "Unrequired Love" !
Lho kok saya suka ?!
memang saya paling suka !
karena saya kurang tertarik sama cerita cinta-cintaan yang Happy Ending =D terlalu monoton dan membosankan.
saya lebih terbius dengan tema-tema sakit hati termasuk film cinta-cintaan yang ujung nya itu nggak Happy Ending, rasanya itu lebih "ngena" ! 
yaah kalau yang jaman sekarang itu namanya "film galau" !

Dan alasan pendukung lainnya kenapa saya suka kedua anime ini,
karena ANIMASI nya ! Saya tekjub sama gambar animasinya, apalagi pemandangannya ( serius, Film 5centimeter per second itu bener-bener SUGOI ! keren, cantik, dan cocok dengan ceritanya, berasa kayak lagi liat pemandangan) Teknik pembuatan animasi nya itu sangat rapi, bener-bener cantik ! baru kali ini saya nonton anime yang gambarnya bagus banget, pemandangannya digambar sedemikian rupa indahnya ! kalau honey and clover animasinya produksi aniplex, lumayan nggak kalah bagusnya ...


Sekarang saya review sedikit nih tentang ceritanya, walaupun sebelumnya saya pernah meriview sedikit tentang Honey and Clover di Post ini... tapi saya bahas lagi dengan versi yang beda ..



Honey and Clover sendiri adalah anime series yang terdiri dari 2seasons, season pertama berjumlah 24 episode sedangkan yang season kedua berjumlah 12 episode. Bagi saya yang memang nggak suka cerita cinta, sangat mustahil buat saya bisa nonton series ini dengan jumlah episodenya yang hampir nyama-nyamain sinetron ! Tapi berhubung saya memang suka banget sama ceritanya, alhasil saya nggak ada bosennya tuh nonton kedua season anime ini sampe udah 4x ! Cerita dalam anime ini mungkin sangat simple dan cliche, tentang 5 sahabat yang jatuh cinta satu sama lain. Biasa ya ? tapi nggak dengan yang ini ! cerita simpel yang serupa dengan ini memang banyak, tapi nggak untuk Honey and Clover yang menceritakannya dengan 5 sudut pandang yang berbeda. Yup ! cerita ini dikemas menurut sudut pandang 5 tokoh utama yang bermain didalamnya. Cinta segitiga, unrequited love, takdir, kecewa, persahabatan, semua terkemas jadi satu dalam 5 pandangan yang berbeda. Rumit tapi menarik ! 5 Sahabat itu Takemoto Yuuta, Hagumi Hanamoto, Morita Shinobu, Yamada Ayumi, dan Mayama. mereka adalah mahasiswa disalah satu perguruan tinggi Art di Tokyo, bertemu dalam 1 universitas dan dibimbing oleh dosen yang sama yaitu Hanamoto Shuichi ( paman Hagu-Chan). Mereka bersahabat, namun diam-diam menyimpan perasaan yang konyolnya mereka ketahui satu sama lain. Namun disaat ber-5, mereka melupakan perasaan masing-masing dan selalu berkumpul layaknya sahabat ! banyak intrik dan sakit hatinya dalam cerita anime ini, saya benar-benar suka. dari semua cerita, cerita yang paling saya suka adalah Love triangel nya Yamada-Ayumi-Nomiya ! (*Ssst..Saya juga sempet sedih dibeberapa scene tentang Ayumi =P hehe !) Ceritanya begitu dalam ! Selain itu karakter ke 5 nya digambarkan dengan sangat kuat. Sehingga ceritanya menjadi lebih hidup ditambah plot yang nggak monoton.







5 Centimeters Per Second adalah film anime yang lumayan rumit saya cerna, butuh 2x nonton untuk saya ngerti apa sebenernya pesan dari Film tersebut. Setelah saya tau, saya malah jadi pengen ulang lagi dan lagi film itu. Saya kagum dan sangat suka dengan gambar animasinya, dalam film ini yang membuat pendukung cerita sebenarnya adalah cinematografi yang luar biasa cantiknya. Gambar animasi tokoh kartunnya tidak begitu cantik dan kawaii seperti layaknya anime yang lain, tetapi film ini justru menyuguhkan kita pada gambar animasi berupa landscape dan pemandangan alam yang cantik. Sangat berkesan film anime ini bagi saya ! ditambah lagi narasi suara nya yang lembut. Anime ini menceritakan tentang jarak yang dilalui sepasang kekasih, mulai dari masa kecil hingga dewasa. Film ini terbagi kedalam 3 Sekmen, sekmen 1  berjudul "Cherry Blossom", yang ke-2 "Cosmonout", dan ke-3 adalah "5 Centimeter per Second". Mungkin di awal cerita untuk menit pertama akan terasa sangat bosan dengan narasinya, namun setelah itu kita akan dibawa dengan plot yang panjang dimana kita akan dibuat penasaran dengan kelanjutan ceritanya. Menceritakan tentang Takaki Tohno, seorang laki-laki biasa yang suka menghabiskan waktu kecilnya didalam perpustakaan daripada bermain diluar saat jam istirahat sekolah, begitu juga dengan Akira Shinohara. Kesamaan sifat dan hobi antara Takaki dan Akira membuat keduanya menjadi akrab dan tertarik satu sama lain sejak menginjak bangku SD. Keduanya berjanji akan selalu bersama-sama. Hingga pada akhirnya, saat Ujian masuk SMP keduanya diterima disekolah yang sama, namun mereka harus berpisah saat Akira pindah ke daerah Tochigi karena pekerjaan orang tuanya. Sangat berat bagi keduanya yang sudah terbiasa bersama, namun jarak bukanlah masalah bagi mereka untuk bisa dipisahkan. Mereka berdua akhirnya mengirim surat satu sama lain untuk mengetahui kabar. setelah hampir 2 tahun surat-menyurat, akhirnya mereka memutuskan untuk bertemu. Akira mengajak bertemu karena mengetahui bahwa Tohno akan pindah dari Tokyo karena pekerjaan ayahnya, dan itu akan membuat jarak mereka berdua semakin jauh 1 sama lain. Tetapi setelah bertemu, mereka menjadi lebih jauh walaupun saat itu keduanya telah menggunakan telepon genggam,ditambah lagi surat-menyurat pun sudah mulai jarang dilakukan. Pada akhirnya, inti cerita film ini adalah, sekeras apapun manusia berusaha untuk bisa selalu menjaga komunikasi dan jarak, tapi bila Tuhan menginginkan takdir untuk tidak berjodoh, maka manusia tidak akan pernah berjodoh ! seteguh apapun tekad manusia, tetap tidak akan pernah bisa mengalahkan takdir. Cerita dalam ke-3 sekmen Anime ini benar-benar dalam, tekad Tohno yang begitu kuat, dan pasrahnya seorang wanita seperti Akira yang hanya bisa menunggu kepastian dari seorang laki-laki, benar-benar sukses membuat saya yang nggak suka film romantis jadi ketagihan untuk menonton berulang kali ! 










*******




Kalau saya perhatikan lagi, ternyata kedua film diatas memiliki model plot yang sama, dimana ceritanya dinarasikan oleh pemeran yang bermain didalamnya, sehingga cerita nya dapat dipahami dari sudut pandang yang berbeda, seperti misalnya di dalam anime 5 Centimeter per second, Akira menceritakan kisahnya melalui surat-surat yang ia kirim kepada Tohno.
Yang pasti kedua anime diatas sangat direkomendasi sama saya buat siapa aja yang suka nonton film bergenre drama romantic ^^
semoga kalian menyukainya dan tertarik untuk nonton yaa..
Bye !







BY :




7 comments:

Unknown said...

wah bagus ini buat target tontonan gw selanjutnya.
kalo boleh saran, coba deh nonton clannad season 1 dan season 2, itu sih anime yg menurut gw bagus banget :D

Z A G A Z A said...

well, silahkan dicoba film anime nya ^^ nanti kasih komen lagi bagaimana menurut kamu yah =)

hmm, saya pernah dengar tentang anime clanad itu, cuma belum pernah nyoba untuk nonton, apa genrenya sama ? kalau iya, saya akan coba ^^

Unknown said...

clanad itu genrenya dibilang romantis iya, komedi iya, tapi yang jelas yang nnton kebanyakan bakal kena mental breakdown.. bukan karna serem, kaget atau apa.. tapi sedihnya itu yg kebangetan..

season 1 sih masih komedi romantis dengan sedikit taburan kisah sedih, nah season 2 baru boleh deh nyiapin tissu.. :D

kalau bisa sih secepatnya ditonton, biar bisa sharing bareng tentang ending filmnya ^^

Z A G A Z A said...

hmm, iyah lagi di donlot ini clannadnya =D aku penasaran juga.
tenang nanti aku buat reviewnya tentang clannad, sekarang aku lagi on-going banget sama anime 'Minami-ke" itu genre comedy, kamu tau ?

btw thank you commentnya, sering-sering mampir di blog ^^

Unknown said...

eh eh, gimana? gimana?
udah mulai nonton clannadnya? :D

Minami-ke? wah belum pernah dengar tuh, memangnya bagus ya?

kalo anime comedy, yg aku rekomendasiin sih itu, judulnya "Daily Lives of High School Boys".
nah, menurutku film ini adalah obat yang PALING manjur setelah clannad memporak-porandakan kebahagiaan, hahaha XD

sering-sering update blognya ya, biar bisa sering mampir :D

akane tachibana said...

gan kirimin link downlodtan atau ga stramingan honey and clove dong .

Z A G A Z A said...

evan : Oh yg daily lives iof highschool boys itu aku udah pernah nonton, memang lucu sih, kalau genre shounen gitu ada "Beelzebub" sama "Sket Dance" yang lucu dan nggak ngebosenin ^^ nanti Sket Dance sama yang lain aku review deh, cuma ini lagi nggak banyak waktu luang buat ngeblogging lagi =( tungguin aja yah ^^

Akane : ini link-nya "http://www.cyber12.com/page-1494.html"
sering-sering mampir lagi yah ^^

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...