Pages

Saturday 19 November 2011

Claude-Achille Debussy (1862 - 1918)

Hai blogger,
Pagi-pagi saya uda semangat posting nih,
Soalnya nanti siang harus udah belajar utk UTS besok -___-"
Karena saya  kebelet mau cerita tentang salah satu komposer kesukaan saya,
Rasanya mau cepet-cepet berbagi dan tuangin yg ada di pikiran saya kedalam blog ini.
Komposer jempolan kesukaan saya itu adalah  Claude Achille Debussy,
sedikit cerita nih blogger, akhir-akhir ini saya lagi sukaaaa banget sama aliran musik klasik, kalau dulu saya cuma melewati genre musik klasik begitu aja, namun kali ini "nggak" ! sesuatu yg berbau musik klasik, piano, aransemen,baik dari era Barock dan Rokoko sampai ke era Modern dan Kontemporer (tentunya termasuk jg era Romantic dan Klasik) membuat saya ingin tau banyak dan mendalaminya, walaupun sebenarnya saya telah suka, tpi yg saya suka dan saya tau dulu itu cuma Bethooven dan Mozzart aja.

 
Claude Achille Debussy



Awal mula nya saya familiar dengan nama Debussy cuma gak kepikiran bahwa beliau komposer yg memiliki keunikan dibidangnya dan gak tau kalau Debussy pianis jg.
Kalau sebelumnya nama-nama seperti Wolfgang Amadeus Mozart, Ludwig van Bethoven, Johan Sebastian Bach,Pyotr Ilyich Tchaikovsky, Liszt, Johanes Brahms sudah santer saya dengar sejak SD melalui pelajaran kesenian dulu, beda hal nya dengan Debussy.




Saya  tau dan mulai mencari tau Debussy, sejak saya nonton film "All About Lily Chou-Chou (リリイ・シュシュのすべて, Rirī Shushu no Subete)" film garapan Shunji Iwai Tahun 2001 berlatar belakangkan music yg bercerita tentang Bagaimana seorang Artis fiksi bernama Lily Chou-Chou (di perankan oleh Salyu, yg sekarang jd artist favorit saya jg karena warna vokalnya bagi saya mengikuti Bjork) mempunyai pengaruh besar terhadap kehidupan 4 Remaja SMP (Yuichi,Hoshino,Kuno,Shiori yg diperankan oleh Yu Aoi) yg "tidak sengaja" saling terikat melalui dunia maya dan ternyata mereka berempat di dunia nyata pun mempunyai hubungan erat, walaupun hubungan erat yg tdk baik,mereka bertemu di dunia maya dalam situs Fandom Lily Chouchou, mereka saling Chatting bertukar info tentang Lily. Saya blg "saling terikat" karena didalam film itu, mereka berempat tdk begitu dekat didunia nyata,bahkan satu sama lain mempunyai hubungan yg cukup buruk yg dikarenakan oleh 1 orang biang kerok yg bernama Hoshino karena ulah Bully nya terhadap ketiga remaja lain yg sebelumnya saya sebutkan. Mereka menganggap Lily memiliki musik yg berbeda, yg menurutnya dapat menghilangkan sakit hati atau siksa bathin setelah mendengar Music Lily, Lily memiliki gaya music yg disebut Ethereal. Nah, ethereal inilah yg dapat menyembuhkan mereka dari kekejaman dunia yg mereka hadapi saat itu.









Trus hubungan nya Debussy sama film Lili Chou-Chou apa dong ?!




Hmm, jdi dalam Film tsb,mempunyai scene dimana peran Kuno adl murid SMP yg pandai bermain piano dan menyukai Debussy, setiap Scene yg diperankan kuno selalu lg main lagu-lagunya Debussy, dan lagu Debussy yg dimainkan nya erat hubungannya dgn lagu-lagu Lily Chou-Chou, seolah-olah Kuno-san ini mengisyaratkan bahwa disamping menyukai Debussy, dia jg menyukai Lily. Contohnya, didalam scene itu ada adegan dimana Yuichi diseret ke ruang BP karena sebelumnya ketangkep basah nyuri CD Lily keluaran terbaru ditoko kaset yg sama dimana wali kelasnya lagi membeli kaset CD juga. Sebenernya Yuichi sudah beli CD itu sebelumnya, cuma di patahin Hoshino karena pem-Bully-annya. Salah satu Single baru Lily yg ada didalam CD itu judulnya "Arabesque" , pas si Yuichi tunggu ibunya yg mau dtg ke ruang BP, entah disengaja atau tdk, Kuno-san memainkan piano dgn judul yg sama yaitu "Arabesque" cuma bedanya ini aransemennya Debussy, dari sini Kuno-san ntah nyindir atau mau kasih isyarat dgn memainkan judul yg sama dgn single baru Lily saat itu bahwa dia jg suka lily.





Nah, di Scene inilah saya mulai menyukai Debussy, saya terngiang-ngiang sama iringan piano yg indah dan unik, setelah selesai nonton Film Lily Chou-Chou saya langsung googling tentang Debussy,dan dari sinilah saya mulai mengenal musiknya.






Sebenarnya siapa sih Debussy itu ??


Claude Debussy adalah penggerak Musik Impresionist dari Perancis di era 1900-an, beliau lahir di St-Germain-en-Laye, Perancis pada tanggal 22 Agustus 1862. Debussy mulai menggeluti piano di Usianya yg ke 7 Tahun, dan mulai memasuki Paris Conservatory (Paris,Perancis) pada Usia 10 Tahun. Karena di tempatnya belajar ia terkenal akan kemampuannya, maka di Tahun 1880, Debussy dipekerjakan oleh Nadezhda von Meck (Terkenal jg sbg salah satu pembimbing Komposer terkenal dari Rusia yaitu Tchaikovsky) untuk mengajari anaknya piano,tidak hanya bekerjasama dgn Meck selama 2 Tahun Debussy pun ikut melakukan perjalanan ke Italia dan Austria bersama Meck



Pada tahun 1884, Debussy meraih gelar sarjana dari Académie des Beaux-Art, akademi di Roma.

Musik Debussy banyak ter"influence" dari karya-karya seperti Litzst, Wagner,dan Stravinsky. Di Tahun 1902, Debussy menulis sebuah karya berbentuk Opera yg diberi judul : Pelléas et Mélisande.  dan Pada tahun 1910, Debussy kembali  menampilkan karyanya yang berjudul Préludes karya nya yg satu ini sering kali dibanding-bandingkan dengan karya Chopin. 


Kehidupan Pribadi Debussy ..

 Hebat-hebat begini, ternyata Debussy memiliki sisi gelap jg lho blogger, hidupnya penuh dengan Scandal Percintaan, mulai dari menjalin hubungan selama 9 tahun dengan Gabrielle ('Gaby') Dupont, kemudian meninggalkan Dupont dan beralih bersama teman Dupont yaitu Rosalie ('Lilly') Texier seorang fashion model yg akhirnya dinikahi Debussy pada tahun 1899. Kemudian di tahun 1904, Debussy berkenalan dengan salah seorang mantan istri Banker terkenal di Paris bernama Emma-Bardac. di Tahun yang sama, tepat perayaan 5 Tahun perkawinannya dgn Texier, Debussy memutuskan untuk bercerai dgn nya dan kemudian menikahi Emma. Setahun kemudian tepat tanggal 30 Oktober 1905, Emma melahirkan anak pertama dan satu satunya anak bagi Debussy dan diberi nama Claude-Emma,yg  kemudian Debussy memanggilnya dgn nama kesayangan yaitu "ChouChou" (mungkin ini yg jadi inspirasi Lily ChouChou mungkin yaah,karena di film itu jg di infokan bahwa Lily sendiri terinspirasi dari Debussy). Pada tanggal 25 Maret 1918, Debussy meninggal dunia akibat penyakit kanker yg diidapnya selama 9 Tahun, dan setahun kemudian anak semata wayang nya ChouChou menyusul ayah nya, ChouChou meninggal akibat penyakit difteria.




Fakta pembuatan "Arabesque" ..


Yang terakhir saya akan menceritakan tentang pembuatan "Arabesque" yg sangaaaaat saya sukai.
Judul sebenarnya adalah "Deux Arabesques" atau dalam English nya "The two Arabesque" ini adalah project pertama Debussy yg dikerjakan pada tahun 1888-1891, pada saat itu umur Debussy masih berkisar 20an lho !


Dari judulnya kita udah tau, kalau "Arabesque" nya ada 2. Yup ! bener ! Arabesque dibagi menjadi 2 bagian dengan tempo yg berbeda,yaitu :
  • Arabesque No. 1 (dengan Tempo Andantino con Moto)
  • Arabesque No. 2 (dengan Tempo Allegretto Scherzando)
 Arabesque No. 1

Arabesque no.1 dimulai dengan kunci E minor dengan tempo cepat dan tajam (andante) dan kemudian berangsur-angsur lamban/lembut (molto).
kalau melihat isi partiturnya, bentuknya sangat unik, naik turun naik turun, bagi saya yg memang gak terlalu paham not balok dalam partitur, melihatnya saja udah takjub apa lagi bisa memainkannya, Wuaaaah ! Gak kebayang ! =P


Arabesque No.1 Sheet Music 



Yosssh ! selesai sudah info yg mau saya beri,
Semoga bermanfaat,
kalau berminat silahkan mencoba lagu-lagu aransemen Debussy lainnya salah satu favorit saya "Claire de Lune",
dijamin gak mengecewakan ! =)
Terimakasih telah membaca..
Sekali lagi, semoga bermanfaat !

Ja Mata ne~





- Love, Z A G A Z A -

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...