Pages

Tuesday 28 August 2012

Introduce "Anak Asuh Saya (Read:Kura-Kura)" !!



Minal Aidin Wal Faidzin Semuaa.... !!! ^^
Lebaran udah lewat nih, banyaak banget kebahagian yang saya dapet ditahun ini,
salah satu diantaranya, saya kedatangan Anak Asuh (Read: Peliharaan) baruu ^^

Yeeeey !
Seekor kura-kura yang lucuuuuu banget !
Ditambah ukurannya yang bikin saya nyengir-nyegir kegirangan saat pertama kali melihatnya.
Jadi ceritanya, 4 hari setelah lebaran, om saya pulang dari kampungnya di Tangse (Daerah Aceh Pidie, lokasinya dipegunungan) dengan membawa kura-kura darat yang GIANTIC abiss !
Oom saya ini tau betul saya fanatik dengan yang namanya kura-kura.
berhubung saya punya anak asuh baru,
saya jadi pengen berbagi cerita dan  kenalin satu-satu Anak Asuh yang saya punya.
Kalau di flashback, awal mula saya memelihara kura-kura adalah suatu kebetulan, hingga akhirnya berujung kepada obsesi, bisa dibilang sekarang saya jadi maniak setiap melihat species kura-kura yang berbeda dengan karapas ( Cangkang/rumah si kura-kura) yang Lucu dan bermotif. Ide memelihara kura-kura sendiri terbesit tiba-tiba setelah saya tamat SMA dan tanpa niat yang khusus tiba-tiba saya diberi Hadiah sepasang Kura-Kura oleh pacar saya *Tsaaah!

Awalnya Anak Asuh Pertama saya berjumlah sepasang dan kembar, buah hasil pemberian berupa kado ^^,
Kura-kura Kado ini jenisnya Red Ear Slider. Saya beri nama keduanya Miing dan MingMing. Keduanya mempunyai gender yang sama, usut punya usut rupanya sang penjual sendiri nggak bisa bedain kelamin kura-kuranya. Well, it's okay laah, lagian juga saya gak berniat mau ternakin kura-kura kok. Kalo diinget-inget saya sempet nyesel gak pernah foto Miing dan MingMing secara bersamaan, karena sebulan setelah saya pelihara, MingMing mati karena penyakit jamur yang tumbuh dikarapasnya. Waktu itu, saya belum pinter urus kura-kura (*emangnya sekarang udah pinter ?! -____-) dan masih belom ngerti gimana caranya melakukan  penangganan pertama kalau kura-kura terserang penyakit, alhasil yang bertahan hanya Miing.  Kalau diperhatikan Miing termasuk kura-kura yang tangguh, berkali-kali terserang penyakit tetap bisa bertahan sampai sekarang. Umur Miing sekarang kurang lebih sudah 3 Tahun 3 Bulan dengan berat 3,5 Kg. 


Karena kepergian MingMing yang bikin akuarium saya jadi sepi, akhirnya saya berencana untuk membeli Anak Asuh Kedua tepat beberapa hari setelah MingMing mati, masih jenis yang sama sih, Red Ear Slider. Karena memang jenis itu yang paling banyak dijual dipasaran, disini kura-kura RES dijual dengan harga 20 s/d 25rb. Anak Asuh Kedua saya ini diberi nama Nyanyo.  Nyanyo adalah Anak Asuh TERNAKAL dan memecahkan rekor KABUR dari kolam TERBANYAK diantara Anak-anak yang lain. Singkat kata, Nyanyo saya pelihara cuma sampai 2 Tahun 10 Bulan. Nyanyo kabur dan tidak pernah kembali lagi sampai hari ini *hiks! . Nyanyo kabur saat saya sedang berlibur kekampung halaman di Bogor selama 2 Minggu, jadi nggak ada yang tau kapan dan bagaimana Nyanyo bisa kabur. Besar kemungkinan Nyanyo diambil Orang ditengah jalan, karena dulu pernah saat Nyanyo Kabur, dia diambil orang didepan rumah yang sedang lewat, dan konyol nya lagi orang tersebut menjual Nyanyo kerumah saya berhubung rumah yang paling dekat. Sedihnya, saya nggak sempet mengabadikan Nyanyo kedalam Album foto saya sama hal nya seperti MingMing =(


Selanjutnya, Anak Asuh Ketiga, saya beli sepasang disaat Nyanyo dan Miing masih utuh berada di kolam (*saat Nyanyo belom minggat dan ilang gak tau kemana), kali ini saya udah rada pinter untuk bedain gendernya. Saya pengen kura-kuranya beranak, lucu aja kali yaah ternak kura-kura, namun walhasil sampai sekarang TIDAK JUGA BERANAK, saya juga heran, mungkin beda selera atau kurang cocok kali yah. Anak Asuh kali ini tetep berspecies RES, namanya juga beli di Pet Shop Aceh, yang bisa anda dapatkan hanya hewan ternak seperti bebek dan ayam, syukur-syukur masih ada yang jual kelinci dan kura-kura. Terkadang kalo diinget-inget saya pengeeen banget belanja di pasar hewan Jatinegara yang didalamnya bisa dapet jenis hewan apa aja, pengen beli cheetah sama Owl, tapi mana mungkin bisa,kan harus naek pesawat buat bawanya. well, saya belum kasih tau nama anak asuh saya ya, kali ini saya beri nama Bonnie dan Clyde. Pasti pernah denger kan. keren yaah, mysterious criminal gimanaaaa gitu kesannya. hehe *lebey! saya kasih nama itu biar kesannya keren aja sih, hehe. sampai saat ini keduanya still alive dan baik-baik saja. cuma kendalanya, mereka pemalu dan galak, jadi rada susah difoto kecuali bertiga sama Miing.


Anak Asuh Keempat bedaaa banget sama semua anak asuh saya yang lain. Dari speciesnya aja udah beda, terus ini gak pake beli lagi ! hehe.Ada anak kecil yang kasih ke ayah saya, dia pikir itu kura-kura milik saya yang lepas kayak biasanya (*alias Nyanyo), dan ayah saya tanpa liat-liat ke kolam lagi langsung terima, ternyata pas diliat sekali lagi ke kolam sama ayah saya,beliau kaget karena yang satu ini beda jenisnya sama yang lain. Kura-kura Lucky milik saya ini namanya Kikurii, ia kura-kura jenis Coura Amboinensis, jenis kura-kura air tawar dari ambon yang konon katanya mau punah. Saya sukaaa banget jenis kura-kura ini, karena dikepalanya terdapat Yellow Slider atau Garis kuning yang elegan, berhubung saya juga sangat suka warna kuning, jadi saya suka gemes liatin Kikurii ^^. Special Thanks to : Anak kecil yang lewat didepan rumah =D


Akhirnya kita sampai juga kepada Anak Asuh Kelima. Yup ! new member yang tadi sekilas sudah saya ceritain sedikit diawal-awal posting. Anak asuh TERBESAR ini memiliki bobot kurang lebih 10 s/d 15 Kg !! Wauuuw ! dan kata Oom saya, itu baru anaknya di species itu. Saya belum tau pasti dia berjenis species apa, karena species yang membingungkan, akibatnya saya jadi susah kasih dia makan =( dan hampir seminggu ini dia makannya sedikit. kelakuannya manjaaa banget dan bikin saya jadi tambah gemes !! saya pengeen gendong-gendong, tapi berat banget ! =S karena perilakunya yang seperti Tuan Putri, besar dan manja, maka saya beri nama dia Hime. Dalam bahasa Jepang, Hime itu artinya Tuan Putri ^^ memang dia sangat menawan dan cantik. saya benar-benar Excited saat pertama kali bertemu Himee, kura-kura yang saya idam-idam kan, karena postur tubuhnya yang GIANTIC dan ANGGUN. kalau gak percaya, liat aja fotonya =)



Bagi saya Kelima Anak Asuh kepunyaan saya ini sangat lah berharga, terkadang saya suka sedih, bahkan nangis kalau salah satu dari mereka sakit. Banyak orang yang bilang kalau saya gak bisa nangis, padahal justru saya sangat cengeng dengan hal-hal yang orang anggap sepele untuk ditangisin, contohnya pada saat kura-kura  saya sakit ! mungkin teman-teman bisa mencoba memelihara kura-kura seperti saya, perawatannya gampang, nggak seribet kucing ratu,Kucing Anggoraa, dan mereka juga bersahabat kok ^^









BY :






0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...