Pages

Monday 15 April 2013

Review : Best Studio Ghibli Movie (Recomended !)




Ceritanya nih pas lagi KKN (Kuliah Kerja Nyata) kemaren, di minggu pertama, program kerja kelompok saya belum bisa dilaksanain dulu, karena sedang musim menanam padi. Kalau ditanya kenapa kelompok saya nggak bantuin menanam padi, jawabannya itu karena mayoritas penduduk di desa kami adalah petani penggarap, jadi sawah yang ditanami padi, yaa sawah punya orang, kalau kelompok saya bantuin menanam dan tau-taunya malah gagal, kan kasian penduduk setempat bisa-bisa berabe. Well karena terhambatnya proker (program kerja) kami selama hampir seminggu, kami menganggur, cuma kunjungan sana-sini kerumah-rumah warga buat perkenalan, sisanya beradaptasi dirumah baru yang kami tempati. Terlalu banyak waktu luang, akhirnya saya dan teman-teman satu kelompok KKN malah melakukan movie-marathon yang kami ambil filmnya dari laptop-laptop kami. Awalnya, gak semua temen-temen KKN saya suka sama film yang ada di laptop saya, well you know, I'm kinda Japanese freak jadinya selalu dan melulu jepang! Dan pada suatu ketika saya yang lagi asyik nonton film sendiri (lebih tepatnya nonton anime) didatangi oleh satu orang teman KKN saya yang ikut penasaran sama film yang saya nonton, alhasil dari mulanya satu orang, lama kelamaan semuanya pada ikut nimbrung !! Dan setelah film selesai diputar, yang keluar dari mulut mereka untuk jawaban : "Seru kan ?!" dari pertanyaan dan statement  saya yang sedikit memaksa,  adalah : "Seru juga yah, yok nonton yang lain, ada lagi nggak ?!" Finally ada juga yang mereka suka dari isi di laptop saya, nggak sia-sia juga saya bawa laptop untuk nonton bareng-bareng, hehe!



*******








Film yang saya dan teman-teman tonton pada saat KKN itu adalah film-film produksi Studio Ghibli, Blogger. Sedikit pengantar informasi, Studio Ghibli adalah salah satu studio animasi terbesar di Jepang yang berdiri pada tahun 1985 dan terletak dikota Tokyo, pendiri Studio Ghibli diantaranya adalah Hayao Mizaki dan Isao Takahata. Kedua pendiri tersebut adalah produser andalan bagi Studio Ghibli. Studio Ghibli memproduksi film animasi yang kebanyakan mengandung unsur Fantasi, sihir, angan-angan, kehidupan bahkan konspirasi dan cinta, Sebagian Filmnya berunsur Fantasy dan lainnya berunsur Slice of Life . Untuk Kategori Fantasy, bagi orang-orang yang menyukai film-film Harry Potter atau Alice on Wonderland, mungkin nantinya juga akan menyukai film-film yang bertema fantasi garapan Studio Ghibli seperti saya, dan untuk Tema Slice of life mungkin sama halnya seperti menonton film Chibi Maruko-chan yang mempunyai kepolosan disetiap adegannya. Ghibli sendiri sudah terkenal keseluruh manca negara, bahkan beberapa film studio Ghibli telah di remake ulang oleh Walt Disney dan Hollywood. Berikut adalah daftar-daftar film yang diproduksi oleh Studio Ghibli :


- [1991] Only Yesterday
- [1992] Porco Rosso
- [1994] Pom Poko
- [2001] Spirited Away
- [2002] The Cat Returns
- [2008] Ponyo





And This is The Recomendation From Me:



1. My Neighbor Totoro (1988)


"Bercerita tentang dua orang kakak beradik, Satsuki dan Mei yang baru saja pindah ke pedesaan yang dekat dengan Rumah sakit dimana ibu mereka dirawat. Disana mereka tinggal dirumah tua yang berdekatan dengan hutan, konon hutan tersebut dihuni oleh para hantu, bukannya takut, Satsuki dan Mei malah tertarik dan girang berada dirumah itu, mereka percaya akan spirit, entah itu spirit baik atau jahat. Karena keduanya percaya akan Roh-roh seperti itu, tiba-tiba mereka bertemu dengan Roh penjaga Hutan yang bernama Totoro, Totoro berbadan besar seperti kucing, mempunyai kumis dan berbulu tebal serta lembut, sama sekali tidak menakutkan. Satsuki dan Mei akhirnya berteman dengan Totoro yang lucu dan bersahabat".


Cerita Totoro ini menjadi legend loh bagi anak-anak di Jepang sana, para orang tua bahkan sekolah-sekolah malah ikut menceritakan dongeng-dongeng tentang Totoro, tujuannya agar anak-anak senang dan bersahabat dengan hutan dan pohon yang saat ini akan punah. Karena cerita ini ringan fantasi, jadi sangat direkomendasikan sama saya buat hilangin suntuk =)



2. The Grave of Fireflies (1988)

 Sebelumnya saya pernah menceritakan sedikit sinopsis cerita ini di sini --> Movie Review (part 1)
yang pada intinya film ini bertemakan Slice of life yang menceritakan tentang perjuangan hidup kakak beradik disaat perang dunia ke II di Jepang, Orang tua mereka yang meninggal akibat perang serta kemiskinan yang dihadapi keduanya mengantar mereka pada ending cerita yang mengharukan dan memilukan. Silahkan ditonton, ini sangat rekomendasi untuk pecinta film-film yang bikin depresi =)









3. Spirited Away (2001)

Film ini adalah pemenang piala Oscar, penontonnya mengalahkan jumlah penonton Titanic yang diisukan Film dengan penonton terbanyak didunia, tapi nyatanya nggak, Film Titanic berhasil dikalahkan oleh Film garapan Ghibli yang bertemakan Sihir dan Fantasi ini. Bahkan film ini di remake ulang dengan dubbing berbahasa inggris saking larisnya menggaet banyak piala penghargaan.

Bercerita tentang Chihiro yang dalam perjalanannyaa pindah ketempat yang baru bersama ayah dan ibunya yang kemudian terjebak didalam labirin Roh dan Monster. Berawal saat ibu dan ayahnya mencoba makanan disuatu restoran yang sepi dan tidak berpenghuni yang tanpa disadari adalah dunia Roh dan Moster, kemudian saat makan kedua orang tua Chihiro berubah menjai rakus dan menjadi Babi. dan setelah malam barulah kegiatan didunia Roh mulai berjalan, karena Chihiro  hanya satu-satunya Manusia dan terlihat mencolok disana, maka Chihiro diambil oleh Yubaba, penyihir penguasa dunia roh untuk menjadi pekerja di dunia roh, kemudian Chihiro mulai mengikuti kegiatan didunia roh demi menyelamatkan kedua orang tuanya secara diam-diam.



4. The Borrower Arriety (2010)


Film ini bertema Fantasi, dimana diceritakan mengenai kehidupan wanita liliput bernama Arriety yang telah beranjak dewasa dan mencoba untuk menjadi "The Borrower". Peminjam ? memang apa yang dipinjam ? Ya, meminjam. Borrower atau peminjam adalah liliput yang mencari segala sesuatu kebutuhan hidupnya ditempat manusia berada. Profesi peminjam ini dikategorikan profesi yang berbahaya bagi liliput, karena bila sampai manusia mengetahui keberadaan mereka, mereka terancam punah karena manusia yang suka dengan makhluk kecil seperti mereka akan mencoba berkesperimen bermacam-macam terhadapnya.

yang saya suka dari film ini yang pertama adalah cerita mengenai liliput. Dulu waktu saya kecil, saya sempat berfikir, mungkin dibawah lubang-lubang, dibalik tembok-tembok rumah kita terdapat keluarga liliput yang mungil dan lucu,saking saya percaya sama liliput. terus yang kedua, efek visualnya dan animasinya yang bagus membuat kitajadi terbawa suasana seakan-akan kita ini liliput juga.



5. Howl's Moving Castle (2004)


pertama kali saya nonton film ini dan saya melihat karakter Howl, saya langsung keinget Hyde ! yap ! vokalis L'Arc~En~Ciel yang kadang-kadang super Ganteng dan Cantik ini =D 

Film ini temanya Fantasi dan sihir, Howl sendiri adalah penyihir yang mempunyai kastil sihir. Didalam cerita ini, penyihir bisa membantu pemerintah dalam menanggani perang dan menjadi armada perang pemerintah, maka disini howl selaku penyihir laris jadi rebutan disetiap negara.

Menurut saya, ceritanya rada absurd tapi karena absurd ini saya suka, dan ini adalah film pertama yang temen-temen KKN saya nonton sampai akhirnya mereka ketagihan, So terbukti absurd  nggak berarti weird dan membuat orang nggak suka =)







*******


Ditahun ini, saya dan penggemar Film-Film produksi Studio Ghibli sedang bersenang hati dan pastinya sangat menunggu untuk tayangnya Film Produksi Ghibli yang isu-isunya akan tayang di pertengahan tahun nanti. Tahun ini Ghibli akan memproduksi 2 Film animasi yang berjudul The Wind is Rissing yang dijadwalkan tayang padatanggal 20 Juli 2013 nanti, dan The Tale of Princess Kaguya yang akan dijadwalkan pada musim gugur tahun ini. Pasti salah satu film yang saya sebutkan tadi sudah pernah anda dengar pada dongeng-dongeng yang diceritakan dulu saat masih kecil, iya betul ! Pertengahan tahun nanti Ghibli akan menampilkan Film legenda yang sudah santer itu, Putri Kaguya ! waaah saya sudah nggak sabar lagi untuk menunggu keluarnya kedua Film tersebut ! Kalau kamu ?









BY :





0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...